Quotes

Tentang Tokek

Tokek

Tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar. Ada beberapa jenis tokek, namun istilah tokek biasanya merujuk kepada jenis tokek rumah berikut.

Tokek rumah adalah sejenis reptil yang masuk ke dalam golongan cecak besar, suku Gekkonidae. Tokek rumah memiliki nama ilmiah Gekko gecko (Linnaeus, 1758). Dalam bahasa lain hewan ini disebut sebagai téko atau tekék (bahasa Jawa), tokék (bahasa Sunda), dan tokay gecko atau tucktoo (bahasa Inggris).

Identifikasi

Tokek

Tokek

Cecak yang berukuran besar, berkepala besar. Panjang total mencapai 340 mm, hampir setengahnya adalah ekornya.

Dorsal (sisi punggung) kasar, dengan banyak bintil besar-besar. Abu-abu kebiruan sampai kecoklatan, dengan bintik-bintik berwarna merah bata sampai jingga. Ventral (perut, sisi bawah tubuh) abu-abu biru keputihan atau kekuningan. Ekor membulat, dengan enam baris bintil; berbelang-belang.

Jari-jari kaki depan dan belakang dilengkapi dengan bantalan pengisap yang disebut scansor, yang terletak di sisi bawah jari. Gunanya untuk melekat pada permukaan yang licin. Maka, dari sisi atas jari-jari tokek nampak melebar.

Ekologi, perilaku dan penyebaran

Tokek yang kerap ditemui di pohon-pohon di pekarangan dan di rumah-rumah, terutama di pedesaan dan tepi hutan. Suara teritorialnya yang keras dan khas, gek-koo.. gek-koo…, menjadi dasar penyebutan namanya dalam berbagai bahasa.

Tokek rumah memangsa aneka serangga, cecak lainnya yang lebih kecil, tikus kecil dan mungkin juga burung kecil. Seperti bangsa cecak lainnya, tokek aktif berburu terutama di malam hari. Terkadang tokek turun pula ke tanah untuk mengejar mangsanya. Di siang hari, tokek bersembunyi di lubang-lubang kayu, lubang batu atau di sela atap rumah.

Tokek melekatkan telurnya, yang biasanya berjumlah sepasang dan saling berlekatan, di celah-celah lubang pohon; retakan batu; atau jika di rumah, di belakang almari atau di bawah atap. Tempat bertelur ini kerap pula digunakan oleh beberapa tokek secara bersama-sama. Telur menetas setelah dua bulan lebih.

Hewan ini tersebar luas mulai dari India timur, Nepal, Bangladesh, lewat Myanmar, Tiongkok selatan dan timur, Thailand, Semenanjung Malaya dan pulau-pulau di sekitarnya, Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, Lombok, Flores, Timor, Aru dan Kepulauan Filipina (Manthey & Grossmann, 1997: 232).

Peringatan

Hati-hati, tokek rumah kerap menggigit jika ditangkap. Bila dipegang, tokek otomatis akan mengangakan mulutnya; siap untuk menggigit penangkapnya. Gigitannya sangat kuat, otot-otot rahangnya seakan mengunci; sehingga muncul pemeo bahwa gigitan tokek tak akan dapat lepas kecuali jika ada petir menyambar. Anggapan yang tidak ada kebenarannya, kecuali bahwa memang betul gigitannya sukar dilepaskan.

Ada cara yang mudah untuk menipu tokek agar tak tergigit ketika memegangnya. Letakkan sesuatu yang agak lunak tetapi liat di mulutnya yang menganga, seperti sepotong ranting atau perca kain yang dilipat-lipat, yang tidak mudah putus. Tokek akan menggigitnya dengan sekuat tenaga, sehingga si penangkap aman untuk mengamati, memeriksa dan mengukur hewan itu. Tokek tak akan melepaskan barang itu selama ia masih dipegang orang; namun manakala tokek dibebaskan, ia akan segera melepaskan barang yang digigitnya dan berlari meninggalkannya.

(sumber: wikipedia/tokek)

Posted February 2, 2009 by tokeks

68 Responses to “Tentang Tokek”

  1. Bang saya punya tokek berat 4 ons,5 ekor.dimana kita bisa transaksi.terima kasih

    • klu emg anda serius punya barang toke seberat itu..sy ga mau muluk2 menawarkan harga krn yg sudah2 semua omong kosong..klu anda serius blz email saya ke rizki_mahir@yahoo.com n cantumkan tlp anda..1 ekor utk 4ons bos sy berani 75jt..pasti asal posisi ditimbang di tmpt bos sy dlm brt 4 ons..transksi mau cash ur trnsfer bs

    • anda serius call me021-99169623

    • kalo anda memsng punya tokek yang setengah kilo.tolong hubungi saya ke malaysia a/n kenvin lai no hp +60196531382.tolong di foto diatas koran hari ini dan kirim ke email saya ke alamat email:laikokmin@yahoo.com.kalo emang serius ada keberadaannya saya lagsung turun kemedan.jangan ada penipuan.karna dari komputer saya bisa di identifikasi dari berapa panjangnya tokek bisa diliat berapa berat tokek yang anda miliki sekarang.trims

      lai kok min(malaysia)
      bagi yang serius saja

    • klo anda punya tokek berat 4 ons km ukur panjangnya brp. klo 4ons panjangnya sekitar 52 cm. trus klo anda serius mau jual akan saya beli, segera hubungi 087868081699 – 081265373569.

  2. Bapak/Ibu yth.

    saya memiliki 6 ekor tokek (bisa bertambah jika ditambah dg milik teman)

    1 ekor = 4 ons
    1 ekor = 3,3 ons
    1 ekor = 2,5 ons
    1 ekor = 2,8 ons
    1 ekor = 2 ons

    Jika Bapak/Ibu serius silahkan hub saya : 021-91295811 (abizati)
    posisi saya ada di Jakarta-selatan dapat juga by email ke alamat ini : jamal_230278@yahoo.co.id

    Terimakasih.
    Salam

    • ibu serius punya toke seberat 4 ons…
      tpi syg ga berani byr besar cz saya berani hargai 4ons cuma 75jt..posisi ibu jkt mana
      bos sy mencri toke seberat 4 ons

    • tokek yg 4 ons brp hrganya???hitungan per ons apa per ekor dan paanjangnya tokek brp,dan warnannya???

    • klo ibu mau jual silakan ibu hbgi saya 087868081699 – 081265373569. yg saya cari ukuran 48cm -58cm, berat 3,6 ons

  3. gua punya tokek 4 ons lebih berapa kira2 harganya, trims

  4. saya punya dirumah,beratnya 3,2ons.jenis tokek rumah dan fisiknya sehat.Mohon dibeli karena saya butuh dana buat kebutuhan sekolah.hubungi saya di:http:farizverdyanarianto@yahoo.co.id
    atau:03418397197

  5. untuk tokek yang beratnya 3 ons-5 ons
    brp harga per onsnya?
    tokek di atas 5 ons brp harga per onsnya?
    kalau mau beli hub aja email saya
    vewik@yahoo.com

  6. Ri,

    Harga ditentukan dg cara melihat dan posisi kita dg seberapa jauh dg pembeli utama. Pembeli utama bisa menghargai tokek Anda sampai ratusan juta. Dengan syarat tokek Anda sehat dan sesuai dg yang dibutuhkan. Susah untuk terhubung dg pembeli utama. Maka ada profesi penghubung. Penghubung utama biasanya minta ongkos 50%, jadi kalau tokek Anda dihargai 400 juta, dia minta bagian 200 juta. Belum lagi penghubung2 lainnya. Belum lagi ada penghubung2 berikutnya yang pasti jumlahnya akan panjang. Sehingga ada pemilik/penangkap tokek bagus yang cuma menerima 500 ribu per ekor. Untuk satu minggu ini saya bisa menghargai antara 5-10 juta per ekor untuk tokek Anda. Itu pun kalau tokek Anda sesuai dg yang dibutuhkan (setelah dicek baik secara foto dan pengamatan langsung beberapa hari). Update harga terbaru bisa kontak : eci.maesy@gmail.com

  7. Ada ngak cabang di Bali ato yang di jawa timur.

    Mohon informasi nya, karena saya ada temen punya tokek.

    Regards,
    Sudjana

  8. aku posisi di surabaya

  9. pak. saya mau tanya, boleh ya??
    saya orang awam yang gak tau masalah tokek, yang jadi pertanyaan saya, untuk apa sih toke tersebut? ko harganya sampai puluhan juta ya?? tolong dong di jawab!! ini hal baru buat saya, terimakasih.

  10. Bila anda mempunyai tokek dengan berat 3 ons up, silahkan setorkan ke saya, kapanpun juga. Transaksi tidak perlu berbelit-belit, silahkan telpon 081938124550 atau smskan dan sebutkan harga yang anda minta. Serius. Terima kasih

  11. Saya punya tokek berat 2 ons up, laku berapa ya? Hubungi: 0838 571 68428. Terima kasih

  12. yang punya tokek besar hubungi no 081336025594 an.indra gunawan.brani beli mahal.

  13. mbak/mas Abizati saya seorang perantara, saya bisa menyalurkan anda dengan pembeli, bila serius hub saya lewat emale: t41vt13@yahoo.com
    perlu diketahui yang bisa laku hanya bobot di atas 2,5 ons harga di jamin tinggi,

  14. buat mas fery hub t41vt13@yahoo.com harga tinggi gak menyesal bila jd transaksi.

  15. mas,saya punya tokek,beratny kira2 4 ons………saya,mau jual,berapa………???????

  16. saya saya punya 5 ekor tokek dgn ukuran 3 ons and 1 tokek ukuran 3 kg jenis tokek batu ,,,
    bagi yg berminat hub di nmr 087870388963 …

  17. p maulana lokasi dimana tokeknya ? tokeknya milik sendiri ? bisa hub sy

  18. milyarder tokek,saya tanya nih,klo cara bayarnya trf lewat bank,,klo cr kirm barg nya lewt ap ya ? cargo bukan?jika di bali kami2nya.. tq

  19. BAGI YANG MAU JUAL TOKEK DIATAS 3,5ONS HUBUNGI 085641238436

  20. jenis tokek seperti apakah yang sedang dicari? , karena ada toke liar di rumah saya dengan ukuran -+30cm,
    ada dua jenis yang satu bermotif orange yang satu lagi bermotif abu-2,
    thanx…..

  21. Eublepharis macularis tokek gurun afganistan,

    yg berminat silahkan sms ke 0856 6935 4222. klo mau tanya tanya sms aj.

  22. salam,sya dean dari malaysia…sya punya tokek 1 okor kira 3.1 ons..bgaimana mau jual??brapa harganya??

  23. beli tokek sekita 3,5 ons

    kirim gambar: moonmemo@yahoo.com

    hub: 081 70330 5688

  24. apa sakit jika kita digigit oleh tokek?

  25. dan berbahayakah ?…

  26. saya punya tokek berat 150-250 grams kalau berminat hubungi saya (019-5533926)(malaysia)

  27. Saya di rumah ada tokek besar bgt..dia terjebak di lemari baju..sangkin gdenya ney tokek ga ada yg berani nangkap.panjangnya kira2 50cm kepalanya besar seperti sendok nasi,dan warnanya sepeti batu bata kusam..dan banyak bintik abu2 di badannya..suaranya grok..grok..grok..
    gmna yaa cara nagkepnya??-share please-

    regads,
    bento

  28. saya punya toke 2.5 ons. yg berminat hub 081375297908

  29. bang, sy punya tokek 2.5 ons warna abu2 bintik2… Berapa bisa beli?
    Posisi tapak tuan, Aceh.
    Hub: 085277029433

  30. saya di banda aceh saya punya tokek beratnya 3,5 ons siapa pun yg berminat hub saya di 081375378923.

    • bpk waldi punya tokek 3.5 ons posisi bapak dimana. trus ukur panjang tokek ya itu. yg saya cari ukuran panjang 48cm – 58cm berat min 3.4ons

  31. Saya mau minta pendapatnya ni, saya mempunyai beberapa ekor tokek, sudah 1 thn saya pelihara dari kecil. Tpi saya rasa pertumbuhan tokek saya kok lambat yaa, sekarang yang paling besar saja ukuran 2,5 ons… Mhn saran nya dan makanan yang dapat merangsang pertumbuhan tokek tersebut apa yaa… Trima kasih…

  32. tokek gk suka minum, memelihara tokek kandang harus bs dimasuki nyamuk karena tokek perlu juga makan darah manusia, itu makanya tokek memiliki nilai magis, kalau hanya dikasih makan jangkrik dll umurnya tdk lama

  33. yang mau beli tokek di ACEH ada gak… yg 3 ons – 4 ons.. brp berani tawar!!! harga hrs sesuai dan JELAS..

  34. Mas, saya punya tokek 3 ekor di rumah yg satunya lagi sedang bertelor, tapi saya di ciamis,apakah Mas bisa beli ga ya ? terimakasih

  35. SEMBANG DAN CERITA TOKEK:

    Tanya sikit pada Pembeli/Pengumpul/Penjual/Wakil/Agen/Broker untuk urusan Tokek dan Barangan Antik:
    Soalan ini kena jawab secara jujur
    1)Siapakah sebenarnya pembeli Barangan Antik dan Tokek ?
    2)Malaysia dan Indonesia adalah negara wakil atau Pembeli Tokek dan Barangan Antik ?
    3)Negara mana sebenarnya yang membeli Tokek ? US/HOLAND/KOREA/TAIWAN/GERMAN ?
    4)Tokek banyak dan asli sebenarnya dari Negara mana? FILIPINA/MALAYSIA/INDONESIA/THAILAND/LAOS/BURMA/KAMPUCHEA
    5)Siapa yang telah kaya jual Tokek dan dari Negara Mana? Ada rekod dan Bukti kukuh ?
    6)Tahun2011 siapa dah menjual Tokek 400gram atas? Siapa yang menjual dan siapa yang membeli? Ada Bukti ?

    PROMOSI DAN JUALAN TOKEK KAMI DARI THAILAND.

    Saya ada membekal TOKEK ASLI yang di tangkap dari hutan dan di pelihara sementara kemudian ianya di jual pada pembeli di serata Thailand terutama di Selatan Thailand.
    Tahun ini saya ingin memasarkan Tokek dari kami ke seluruh Asia.
    Kepada yang berminat sila hubungi saya untuk tempahan.
    Email: asiagecko.international@gmail.com
    Facebook : Tokek Asiagecko
    Pin BBM Blackberry: 231EF269

    Terima kasih kpd KAWAN TOKEK SELURUH ASIA….

  36. bapa saya punya tokek yg panjang’y 26cm kira” harga’y berapa ,,
    sekarang posisi saya ad di jakarta utara, di daerah muara baru,,
    bila seriuz hubungin kami 08990856384

  37. SERIUS saya punya tokek di rumah kira kira beratnya 2,5/3 ons harga 50 nego,siapa yang berminat hubungi:08127582671

  38. apa benar, sampe hari ini taggal : 22 – 02 2011, masih ada yang membutuhkan tokek, kalau masih butuh kira kira untuk wilayah surabaya di mana ya, supaya saya langsung mendatangi tempat pembeliannya. tokek dengan berat kira2 : 3 ons sekarang di hargai dengan berapa, mohon infonya, trims

  39. Sy pny tokek sebrt 2.6 ons, ada 2 ekor. Yg minat hbg 08127689031

  40. tokek spider 2 ekr, boxer 1 ekor brt 2,6 ons. Bg yg minat hbgi hp sy.

  41. Saya tinggal di Medan sumut, mempunyai 2 ekor Tokek
    berat nya kira-kira 4 on lebih.
    klo bapal serius kirim pesan ke email saya aja.
    atau no hp 081397969741

  42. saya penghubung pembeli dari kuala lumpur untuk tokek yang minimal berat 3 ons saya berani 150 jt asal sesuai timbangannya untuk 4 ons saya berani 200 jt 5 ons saya berani 250 juta untuk 6 0ns saya berani 300 juta dan seterusnya saya serius yang tertarik kirimkan gambar tokek ke email saya rediredione@gmail.com kalau bisa video durasi pendek tokek anda berminat hub RUDI 085245541454

  43. hey teman………ku punya tikek 3ons…….ada 5 ekor,,,,,,,,,,,sapa yang mau beli

  44. gue punya tokek 3ons.. berani berapa ?

    di bandung

  45. gue punya tokek 3 ons . berani berapa ?

    di bandung

  46. Imam
    081259905358

  47. saya ada tokek 250g jumlah 30 ekor….,081907920304

  48. kami pembeli tokek rumah. Min 3,5 ons up.juga terima tokek batu min.5kg keatas khusus daerah medan. 085373110840. Kami menerima benda antik lain.

  49. hallo, d rmh saya banyak tokek, tp sulit nangkapnya, krn tokek tersebut ada sendiri d rmh saya,gmn menangkapnya?

  50. bagi para penjual tokek yang ingin menjual tokeknya, pastikan Anda sudah menimbangnya terlebih dahulu, baru mengatakan beratnya. Berat tokek tak bisa dikira-kira jika ingin bertransaksi.

  51. permisi gan …

    ane mau posting ,,

    ane punya tokek berekor 2 berat K/L 2,5 ons ane mau jual ..
    klo minat hubungi ane dari facebook aja..
    nie email ane gan ijul_aja30@yahoo.com

    serius !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: